Laman

Selasa, 03 September 2013

TUGAS 1

  Tugas 1 Membuat Komentar Singkat dari Skripsi yang Telah Dibaca dan Membandingkan Isi Skripsi dengan Artikel dari Buku atau Internet

A. Identitas Skripsi
Disusun Oleh : Achmad Najib 
Tahun Skripsi : 2011
Jurusan : Teknik Elektro
Fakultas : Teknik
Universitas Negeri Jakarta



B. Kerangka Skripsi
1.     TEMA : PERPUSTAKAAN DIGITAL
2.     TOPIK : Pengembangan Aplikasi Perangkat Lunak Untuk Perpustakaan Digital
3.     JUDUL : Pengembangan Aplikasi Perangkat Lunak Untuk Perpustakaan Digital Jurusan Teknik Elektro UNJ Berbasis Web
4.     TUJUAN : Mengembangkan aplikasi perangkat lunak perpustakaan digital untuk mempermudah mahasiswa atau pengguna perpustakaan mencari sumber informasi, bahan referensi atau berita secara efektif dan efisien.
5.     RUMUSAN MASALAH : Bagaimana konsep dan perancangan program perangkat lunak untuk membuat perpustakaan digital jurusan Teknik Elektro UNJ berbasis web?
6.     PENGERTIAN
6.1.         Aplikasi Perangkat Lunak Berbasis Web
6.2.         Konsep Dasar Perpustakaan
6.3.         Konsep Dasar Digital
6.4.         Konsep Dasar Perpustakaan Digital
6.5.         Pemrograman Web dengan PHP
6.6.         Basis Data dengan MySQL
6.7.         Server Web dengan XAMPP
6.8.         Perancangan Web dengan Adobe Dreamweaver CS4
6.9.         Perpustakaan Digital Berbasis Web
6.10.     Blok Antarmuka Perpustakaan Digital
7.      METODE PENELITIAN
7.1.         Studi Pustaka
7.2.         Percobaan dan Pengujian
     7.2.1.      Pengujian Software
     7.2.2.      Pengujian Jaringan Intranet
7.3.          Literatur
8.      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
9.      KESIMPULAN DAN SARAN
Komentar dari Isi Skripsi :
Pola kerangka karangannya menggunakan susunan Proses yaitu dimulai  dari penyajian masalah sampai penulisan kesimpulan  umum atau solusi. Pada tahun 2010, mahasiswa Jurusan Teknik Elektro masih seringkali kesulitan dalam mencari sumber informasi maupun bahan rujukan untuk membuat tugas akhir. Sehingga terbesit ide dari penulis untuk membuat sebuah perpustakaan digital dimana dapat menampung berbagai karya tulis dan artikel mahasiswanya tanpa mengumpulkan seluruh berkas dalam bentuk Hardcopy atau kertas melainkan Softcopy. Perpustakaan Digital juga sudah ditanamkan di berbagai Universitas, karena memang penting untuk mengarsipkan setiap artikel dan tulisan dari mahasiswanya sehingga setiap orang memiliki akses yang mudah untuk mencari sumber informasi ataupun rujukan. Isi skripsi diperkuat dengan adanya berbagai lampiran gambar, table serta daftar pustaka yang bersumber dari buku.
Artikel Pembanding beserta ringkasan :
1.   Ulasan Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah
Tujuan diselenggarakannya Perpustakaan Sekolah adalah untuk menunjang program belajar siswa dan mengajar guru, oleh sebab itu segala kegiatan di Perpustakaan Sekolah harus disesuaikan dengan tujuan pendidikan dan kurikulum sekolah baik datam pemilihan bahan pustaka dan pelayanan perpustakaan.
Sumber : Perpustakaan Nasional. 1992. Perpustakaan Sekolah: Petunjuk untuk Membina, Memakai dan Memelihara Perpustakaan di Sekolah. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
2.   Ulasan Perpustakaan Digital
Perpustakaan digital adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer. Isi perpustakaan digital berada di suatu server komputer dan bisa diakses dengan mudah menggunakan jaringan komputer.
Sumber : Wikipedia. 14 November 2013. http://id.wikipedia.org/wiki/Perpustakaan_digital (Diakses 20 Februari 2014 Pukul 8.50 WIB)
3.   Ulasan Rekayasa Perangkat Lunak
Kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak : dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability), mengikuti perkembangan teknologi(dependability); mengikuti keinginan pengguna(robust); efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya; dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan. Telah dibuktikan bahwa Perpustakaan Digital berbasis web di atas memenuhi kriteria dalam Rekayasa Perangkat Lunak.
Sumber : Wikipedia. 14 September 2013. http://id.wikipedia.org/wiki/Rekayasa_perangkat_lunak (Diakses 20 Februari 2014 Pukul 08.50 WIB)
4.   Ulasan PHP dan MySQL
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini, sedangkan MySQL merupakan sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL. Penggunaan PHP dan MySQL dapat menjadikan dan memudahkan untuk pembuatan aplikasi secara gratis dan stabil (dikarenakan banyak komunitas developer PHP dan MySQL yang ber-kontribusi terhadap bugs).
Sumber: Ardi, Joan. 25 August 2013. http://ketikregspasicucok.blogspot.com/2013/08/hubungan-php-dan-mysql.html (Diakses 20 Februari 2014 Pukul 09.05 WIB)

5.   Ulasan Aplikasi Web Base
Aplikasi web based adalah suatu aplikasi yang dapat berjalan dengan menggunakan basis teknologi web atau browser. Keunggulan web based application terkait dengan keunggulan-keunggulan dari Internet itu sendiri seperti kita dapat menjalankan aplikasi berbasis web di manapun kapan pun tanpa harus melakukan penginstalan.
Sumber : Umar Safari, Moch. 15 January 2013. http://umar-fst10.web.unair.ac.id/artikel_detail-71031-Kuliah%20Program%20Komputasi%20Fisika-WEB%20BASE%20vs%20DKSTOP%20BASE.html (Diakses 20 Februari 2014 Pukul 09.05 WIB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar