Laman

Senin, 21 Oktober 2013

TUGAS 2

Tugas 2 Membuat Perbaikan Terhadap Kata yang Kurang Sesuai dengan EYD dan Memperbaiki Catatan Kaki serta Daftar Pustaka

A. Identitas Skripsi
Judul Skripsi : Pengembangan Aplikasi Perangkat Lunak Untuk Perpustakaan Digital Jurusan Teknik Elektro UNJ Berbasis Web
Disusun Oleh : Achmad Najib 
Tahun Skripsi : 2011
Jurusan : Teknik Elektro
Fakultas : Teknik
Universitas Negeri Jakarta
B. Perbaikan Kata Sesuai EYD
1. Secara umum perpustakaan mempunyai arti sebagai suatu tempat yang di dalamnya terdapat kegiatan penghimpunan, pengolahan, dan penyebarluasan (pelayanan) segala macam informasi, baik yang tercetak maupun yang terekam dalam berbagai media seperti buku, majalah, surat kabar, film, kaset, tape recorder, video, komputer dan lain-lain. (Paragraf 1 Halaman 5)
Perbaikan :
Istilah asing tape recorder seharusnya dimiringkan apabila belum disesuaikan ejaannya.
2. Ada dua cara umum di mana informasi direpresentasikan, bentuk analog atau bentuk digital. Dalam representasi digital, informasi dilambangkan oleh urutan digit yang terbatas. Sistem yang memanipulasi atau memproses informasi, seperti komputer, telah dirancang baik untuk informasi analog maupun digital. Namun, dengan teknologi saat ini, sistem digital memiliki komponen biaya yang lebih rendah, keandalan yang lebih tinggi, dan fleksibilitas lebih besar dari sistem analog. (Paragraf 1 Halaman 6)
Perbaikan :
Kata dimana diatas seharusnya digabung karena hanya dipisah apabila menunjukkan tempat atau lokasi. Kata keandalan diatas seharusnya menggunakan huruf h menjadi kehandalan.
3. Pemrograman (programming) merupakan suatu metode untuk membuat suatu aplikasi menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah bahasa yang dimengerti oleh komputer untuk mengolah sesuatu, yang berasal dari input user. (Paragraf 3 Halaman 8)
Perbaikan :
Istilah asing di atas seharusnya dimiringkan apabila belum disesuaikan ejaannya menjadi input user.
4. Artinya sintaks dan perintah yang diberikan akan sepenuhnya dijalankan di server tetapi disertakan pada halaman HTML biasa, sehingga script-nya tak tampak di sisi client. (Paragraf 1 Halaman 9)
Perbaikan :
Istilah asing di atas seharusnya dimiringkan apabila belum disesuaikan ejaannya menjadi script.
5. Kode atau script PHP disimpan sebagai plain text dalam format ASCII, sehingga script PHP dapat ditulis hampir disemua text editor seperti notepad, wordpad, dan lain sebagainya. (Paragraf 1 Halaman 10)
Perbaikan :
Beberapa Istilah asing di atas seharusnya dimiringkan apabila belum disesuaikan ejaannya menjadi plain text, text editor, notepad, dan wordpad. Kemudian kata disemua harusnya dipisah karena menunjukkan suatu lokasi menjadi di semua.
6. Variabel adalah sebuah tempat di memori untuk menyimpan data yang nilainya dapat diubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan. Namun tidak seperti pada bahasa pemrogaraman lain yang mengharuskan untuk mendeklarasikan variabel terlebih dahulu, variabel dalam PHP tidak harus dideklarasikan sebelum variabel tersebut digunakan. (Paragraf 2 Halaman 10)
Perbaikan :
Kata di atas seharusnya diperbaiki menjadi pemrograman.
7.
-
Penngurangan
$a-$b
Selisih $a dan $b
 (Tabel 2.1 Halaman 12)
Perbaikan :
Kata di atas seharusnya diperbaiki menjadi pengurangan.
8. Feature dari operator eksekusi ini untuk sementara ini hanya bisa diterapkan pada aplikasi yang menggunakan sistem operasi Unix atau Linux dengan server web adalah Apache. (Paragraf 2 Halaman 15)
Perbaikan :
Kata Feature seharusnya diganti menjadi fitur karena meupakan kata yang yang telah disempurnakan ejaannya. Dan kata selanjutnya seharusnya dimiringkan apabila belum disesuaikan ejaannya menjadi server web.
9. Struktur kendali merupakan pengatur aliran program dimana struktur kendali tersebut mempunyai rangkaian peintah yang harus ditulis dengan beberapa kondisi sebagai berikut : (Paragraf 3 Halaman 15)
Perbaikan :
Kata di atas seharusnya diperbaiki menjadi perintah.
10. Struktur kendali urutan menjelaskan bagaimana urutan eksekusi perintah didalam program.
Perbaikan :
Kata didalam harusnya dipisah karena menunjukkan suatu lokasi menjadi di dalam.
C. Perbaikan Catatan Kaki dan Daftar Pustaka
1. Putu Laxman Pendit et al, Perpustakaan Digital : Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia, (Jakarta : Sagung Seto, 2007), 64-65.
Perbaikan :
Putu Laxman Pendit et. al., Perpustakaan Digital : Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia, (Jakarta : Sagung Seto, 2007), 64-65.
Untuk nama pengarang lebih dari 3 orang boleh menggunakan et.al. namun harus ada tanda . (titik) setelah et. dan al. karena merupakan singkatan dari et alli.
2. 5 Ibid, 69-70.
Perbaikan :
5 Ibid., 69-70.
Seharusnya ada tanda . (titik) setelah ibid karena merupakan singkatan dari ibidium.
3. Henki Prihatna, Kiat praktis menjadi webmaster profesional, ( Jakarta : Elexmedia Komputindo,2004), 103.
Perbaikan :
Henki Prihatna, Kiat Praktis Menjadi Webmaster Profesional, (Jakarta : Elexmedia Komputindo, 2004), 103.
Harus ada spasi setelah kurung buka pada tempat penerbitan dan spasi setelah tanda koma nama penerbit. Dan tiap kata dari judul buku seharusnya menggunakan huruf kapital.

4. 14 Henki, Op. Cit., 186.
Perbaikan :
14 Henki Prihatna, Op.Cit., 186.
Setelah op. seharusnya tidak menggunakan spasi karena langsung menjadi Op.Cit. Kemudian nama pengarang harusnya ditulis lengkap.
5. [1] Aunur Mulyanto, Rekayasa Perangkat Lunak jilid 1, ( Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Kejuruan,2008), Hal 2.
Perbaikan :
[1] Aunur Mulyanto, Rekayasa Perangkat Lunak jilid 1, ( Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Kejuruan,2008), hlm. 2.
Penulisan kata halaman boleh disingkat namun dengan ejaan yang tepat dan diikuti titik karena merupakan sigkatan menjadi hlm.
6. 15 Andri, Op. Cit., 23-24.
Perbaikan : 15 Andri Kristanto, Op.Cit., 23-24.
Setelah op. seharusnya tidak menggunakan spasi karena langsung menjadi Op.Cit. Kemudian nama pengarang harusnya ditulis lengkap.
7. 7 Ibid, Hal 29.
Perbaikan :
7 Ibid., Hal 29.
Seharusnya ada tanda . (titik) setelah ibid karena merupakan singkatan dari ibidium.
8. Mulyanto, Aunur, et al. 2008.  Rekayasa Perangkat Lunak jilid 2. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah.
Perbaikan : Mulyanto, Aunur, et. al.. 2008.  Rekayasa Perangkat Lunak jilid 2. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah.
Untuk nama pengarang lebih dari 3 orang boleh menggunakan et.al. namun harus ada tanda . (titik) setelah et. dan al. karena merupakan singkatan dari et alli.
9. Prihatna, Henki. 2004. Kiat praktis menjadi webmaster profesional. Jakarta : Elexmedia komputindo.
Perbaikan : Prihatna, Henki. 2004. Kiat Praktis Menjadi Webmaster Profesional. Jakarta : Elexmedia Komputindo.
Tiap kata dari judul buku seharusnya menggunakan huruf kapital. Dan huruf pertama dari penerbit juga menggunakan huruf Kapital.
10. Basuki, Sulistyo. 1993.Materi Pokok Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Depdikbud.
Perbaikan : Basuki, Sulistyo. 1993. Materi Pokok Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Depdikbud.

Harus ada spasi setelah tanda titik dari tahun penerbitan buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar