Laman

Selasa, 12 November 2013

TUGAS 3

Tugas 3 Membuat Contoh Perbaikan Tata Kebahasaan
Khususnya BAB I dan BAB II serta Pembentukan Istilah Baru di Bidang Teknik Elektro

A. Identitas Skripsi
Judul Skripsi : Pengembangan Aplikasi Perangkat Lunak Untuk Perpustakaan Digital Jurusan Teknik Elektro UNJ Berbasis Web
Disusun Oleh : Achmad Najib 
Tahun Skripsi : 2011
Jurusan : Teknik Elektro
Fakultas : Teknik
Universitas Negeri Jakarta
B. Kesalahan dan Contoh Perbaikan Tata Kebahasaan
1. Perkembangan teknologi pada akhir tahun 2010 telah berkembang begitu pesat terutama pada aplikasi perangkat lunak. Dimulai dari aplikasi perangkat lunak yang hanya berjalan pada satu komputer atau berbasis desktop. Hingga aplikasi perangkat lunak yang dapat berjalan pada banyak komputer dengan menggunakan jaringan atau disebut berbasis web. (Paragraf 1 BAB I Hal. 1)
Contoh Perbaikan : Perkembangan teknologi pada akhir tahun 2010 telah berkembang begitu pesat terutama pada aplikasi perangkat lunak, dimulai dari aplikasi perangkat lunak yang hanya berjalan pada satu komputer atau berbasis desktop, hingga aplikasi perangkat lunak yang dapat berjalan pada banyak komputer dengan menggunakan jaringan atau disebut berbasis web.
2. Katalog mengalami metamorfosa menjadi katalog elektronik yang lebih mudah dan cepat dalam pencarian kembali koleksi yang disimpan di perpustakaan. Koleksi perpustakaan juga mulai dialihmediakan ke bentuk elektronik yang lebih tidak memakan tempat dan mudah ditemukan kembali dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak berbasis web. (Paragraf 2 BAB I Hal. 1)
Contoh Perbaikan : Katalog mengalami metamorfosis menjadi katalog elektronik yang lebih mudah dan cepat dalam pencarian kembali koleksi yang disimpan di perpustakaan. Koleksi perpustakaan bentuk medianya juga mulai dialihkan ke bentuk elektronik yang lebih efisien dalam penempatannya dan mudah ditemukan kembali dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak berbasis web.
3. Perpustakaan digital adalah perkembangan mutakhir dari perpustakaan, yang memiliki keunggulan dalam kecepatan pengaksesan karena berorientasi ke data digital dan media jaringan komputer. (Paragraf 2 BAB I Hal. 2)
Contoh Perbaikan : Perpustakaan digital adalah perkembangan mutakhir dari perpustakaan yang memiliki keunggulan dalam kecepatan pengaksesan karena berorientasi ke data digital dan media jaringan komputer.
4. Dokumen-dokumen apa saja yang dapat dikelola di dalam aplikasi perpustakaan digital jurusan Teknik Elektro UNJ  ? (Paragraf 1 BAB I Hal. 3)
Contoh Perbaikan : Dokumen apa saja yang dapat dikelola di dalam aplikasi perpustakaan digital jurusan Teknik Elektro UNJ  ?
5. Dapat dijalankan di banyak komputer : artinya aplikasi tidak perlu diinstall di setiap komputer, cukup install aplikasi ke server atau salah satu komputer. (Paragraf 1 BAB II Hal. 6)
Contoh Perbaikan : Dapat dijalankan oleh sejumlah komputer : artinya aplikasi tidak perlu diinstall di setiap komputer, cukup install aplikasi ke server atau salah satu komputer.
6. Merupakan kegiatan mengoleksi dan mengatur sumber daya digital yang dikembangkan bersama-sama komunitas pemakai jasa untuk memenuhi kebutuhan informasi komunitas tersebut. (Paragraf 1 BAB II Hal. 10)
Contoh Perbaikan : Merupakan kegiatan mengoleksi dan mengatur sumber daya digital yang dikembangkan bersama komunitas pemakai jasa untuk memenuhi kebutuhan informasi komunitas tersebut.
7. PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah website dan bisa digunakan pada halaman HTML (Hyper Text Markup Languange). PHP merupakan singkatan dari “Hypertext Preprocessor”, dan merupakan bahasa yang disertakan dalam dokumen HTML sekaligus bekerja di sisi server (server-side HTML-embedded scripting). (Paragraf 2 BAB II Hal. 11)
Contoh Perbaikan : PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah website dan bisa digunakan pada halaman HTML (Hyper Text Markup Languange). PHP merupakan singkatan dari “Hypertext Preprocessor” dan merupakan bahasa yang disertakan dalam dokumen HTML sekaligus bekerja di sisi server (server-side HTML-embedded scripting).
8. Search engine adalah istilah atau penyebutan bagi website yang berfungsi sebagai mesin pencari, mesin pencari ini akan menampilkan informasi berdasarkan permintaan dari user pencari data. (Paragraf 1 BAB II Hal. 15)
Contoh Perbaikan : Search engine adalah istilah bagi website yang berfungsi sebagai mesin pencari, mesin pencari ini akan menampilkan informasi berdasarkan permintaan dari user.
9. Serta garis yang menghubungkan antar objek. Suatu objek disebut entitas dan hubungan yang dimilikinya disebut relationship. Suatu entitas bersifat unik dan memiliki atribut sebagai pembeda dengan entitas lainnya. Contoh : entitas mahasiswa, mempunyai atribut nama, umur, alamat, dan nim. (Paragraf 3 BAB II Hal. 18)
Contoh Perbaikan : Ada garis yang menghubungkan antar objek. Suatu objek disebut entitas dan hubungan yang dimilikinya disebut relationship. Suatu entitas bersifat unik dan memiliki atribut sebagai pembeda dengan entitas lainnya. Contoh : entitas mahasiswa, mempunyai atribut nama, umur, alamat, dan nim.
10. Dalam dunia pendidikan ujian dimaksudkan untuk mengukur taraf pencapaian suatu tujuan pengajaran oleh peserta didik, sehingga peserta didik dapat mengetahui tingkat kemampuannya dalam memahami mata peserta didikan tertentu.
Contoh Perbaikan : Dalam dunia pendidikan, ujian dimaksudkan untuk mengukur taraf pencapaian tujuan pengajaran bagi peserta didik, sehingga peserta didik dapat mengetahui tingkat kemampuannya dalam memahami mata pelajaran tertentu.

C. Istilah Baru di Bidang Teknik Elektro
1. Istilah Serapan : Perekam Suara
    Istilah Asing : tape recorder
Kaidah : Asal bahasa Inggris
Penggunaan : sebagai kata benda
Makna Istilah : Tape Recoder is an audio storage device that records and plays back sounds, including articulated voices (Tape Recorder adalah perangkat penyimpanan audio yang merekam dan memutar ulang suara, termasuk suara yang diartikulasikan).

2.  Istilah Serapan : Skrip
     Istilah Asing : Script
Kaidah : Asal bahasa Inggris
Penggunaan : sebagai kata benda
Makna Istilah : Script is a list of commands that are executed by a certain program or scripting engine. (Skrip adalah daftar perintah yang dieksekusi oleh program atau mesin scripting tertentu).
3Istilah Serapan : Basis Data
    Istilah Asing : Database
Kaidah : Asal bahasa Inggris
Penggunaan : sebagai kata benda
Makna Istilah : Database is an organized collection of data. (Basis Data adalah koleksi data yang teroganisir).
4. Istilah Serapan : Situs
    Istilah Asing : Website
Kaidah : Asal bahasa Inggris
Penggunaan : sebagai kata benda
Makna Istilah : Website is a set of related web pages served from a single web domain. (Situs adalah satu set halaman web terkait yang disajikan oleh domain web tunggal).
5. Istilah Serapan : Iterasi
    Istilah Asing : Iteration
Kaidah : Asal bahasa Belanda, kaidah penyesuaian dengan perubahan -(a)tion, -(a)tie (Belanda)  -(a)si. Contoh: action, actie  aksi.
Penggunaan : sebagai kata benda
Makna Istilah : Iteration is the repetition of a block of statements within a computer program. (Iterasi adalah pengulangan suatu blok statemen dalam sebuah program komputer).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar